fbpx
Selain Aki, Cek Komponen Kelistrikan Lainnya Sebelum Beli Mobil Bekas
Article 01

Menjelang akhir tahun, beberapa dealer mobil bekas biasanya kerap membuat penawaran tentang harga jualnya yang relatif lebih murah.Jika kamu tertarik untuk membeli mobil bekas, pastikan untuk selalu mengecek setiap komponennya dengan baik. Salah satunya adalah komponen kelistrikan mobil bekas.

Hal ini penting karena akan memengaruhi komponen mobil lainnya seperti lampu utama, AC mobil, hingga wiper yang fungsinya bergantung pada listrik. Lalu, komponen kelistrikan mobil bekas apa saja yang wajib diperiksa sebelum membeli? Hal yang paling sering dilihat tentu saja adalah bagian aki. Namun, tak hanya itu, terdapat beberapa komponen listrik lainnya yag perlu diperiksa. Berikut beberapa diantaranya.

Baca juga: Tak Bisa Sembarangan, Ini Tips Charger Smartphone di Dalam Mobil

1. Alternator

Komponen pertama yang wajib untuk diperiksa adalah alternator. Fungisnya fital. Mengirikan listrik ke dalam aki. Jika alternator tidak bekerja, maka bisa dipastikan aki mobil pun tidak akan bekerja.

Pengecekan dapat dilihat dengan indikator ikon aki di panel instrumen dashboard. Jika indikator terus menyala, artinya alternator bermasalah.

2. Kabel negatif

Pemeriksaan ini bisa kamu lakukan untuk mobil yang sudah berusia di atas lima tahun, dimana daya listrik mobil sudah mulai seret.

Jika kamu berniat membeli mobil bekas seperti ini, pastikan untuk menggunakan grounding kit untuk mengecek kabel negatif. Pada mobil-mobil yang sudah berumur, disarankan untuk menggunakan grounding kit. Tujuannya, untuk menambah kabel negatif yang lebih merata ke seluruh bodi mobil.

3. Relay kit

Relay kit adalah salah satu bagian yang menghubungkan listrik agar benar-benar berkualitas. Sebagai contoh, ini terjadi pada perangkat-perangkat seperti audio atau mobil yang menggunakan lampu halogen.

Oleh karena itu, penting untuk memeriksakan komponen ini, karena jika tidak dilakukan akan berisiko korsleting pada kelistrikan mobil.

4. Sambungan kabel

Pemeriksaan lain yang wajib dilakukan adalah dengan mengecek semua sambungan kabel listrik pada mobil. Apakah, sudah ada kabel yang terkelupas atau rusak atau fungsinya yang sudah menurun.

Jika tidak dicek tentunya akan membuat kelistrikan mobil menjadi tidak bekerja dengan baik.

Baca juga: 4 Langkah Memutus Kutukan Korsleting dan Mobil Terbakar Tiba-tiba

Baca juga: Penyebab Gangguan Pada Lampu Mobil yang Bisa Berakhir Rusak

Carsworld menyediakan layanan pemesanan servis mobil secara online yang bisa dilakukan melalui aplikasi. Melalui layanan digital, Carsworld menawarkan beragam paket servis untuk kebutuhan dan perawatan mobil. Unduh aplikasi Carsworld yang saat ini di App Store dan Google Play Store.

Artikel Rekomendasi

Baca juga