fbpx
Seperti Ini Cara Mengemudi Untuk Pemula Ketika Mengandalikan Mobil

Bagi pemula yang ingin belajar mengemudikan mobil, hal ini sebenarnya bisa dilakukan dengan mudah. Namun, yang perlu diperhatikan adalah bagaimana mengemudikan mobil dengan aman dan nyaman. Lalu, seperti apa cara mengemudi untuk pemula yang aman dan nyaman?

1. Menjajal pedal gas pertama kali

Menginjak gas tentunya adalah hal yang wajib dlakukan pengemudi mana pun saat mengendalikan mobilnya. Namun, buat pemula yang sedang berlatih mengemudi jalan raya, wajib untuk menjaga tekanan kaki kanan di pedal gas.

Hindari menginjak gas terlalu dalam sehingga membuat mobil melaju terlalu cepat. Selain belum fasih mengendalikan mobil, RPM yang meningkat juga akan membuat beberapa komponen di ruang mesin menjadi bekerja lebih keras sehingga bisa rusak.

Oleh karena itu, paculah kendaraan dalam batas kecepatan yang normal dan dilakukan secara bertahap. Cara ini akan membantu pengemudi pemula untuk mengontrol kakinya menginjak gas.

2. Mengontrol kaki untuk pedal rem

Menginjak pedal rem pun tidak jauh berbeda dengan menginjak pedal gas. Dibutuhkan pengontrolan yang tepat dan dilakukan dengan cara yang jitu.

Salah satunya adalah dengan menginjak pedal rem dalam jarak yang masih cukup jauh dari kendaraan di depan.

Cara ini akan membuat mobil bergerak halus dan berhenti secara bertahan tanpa hentakan ketika akan menginjak rem. Hal yang lebih baik tentunya ketika melakukan rem penuh ketika mobil sudah sangat dekat dengan kendaraan di depannya atau bahkan ketika berada di lampu merah.

3. Turunkan kecepatan di jalanan rusak dan berlubang

Tak selamanya kondisi jalanan akan selalu mulus. Ada kalanya pengemudi harus melewati mobil dengan jalanan yang rusak atau berlubang. Oleh karena itu, ketika pengemudi berada pada posisi ini, sebaiknya turunkan kecepatan atau memperlambar mobil.

Selain untuk memastikan kenyamanan berkendara, cara ini juga membantu agar komponen-komponen mobil seperti kaki kaki tetap terjaga efektifitasnya. Pasalnya, jika mengemudikan mobil dengan kecepatan yang tinggi di jalanan rusak atau berlubak akan membuat beberapa bagian kaki-kaki mobil menjadi rusak.

4. Mengendalikan di tikungan

Pengemudi harus benar-benar bisa mengendalikan mobilnya ketika di suasana apa pun termasuk ketika berada di persimpangan atau jalanan yang punya tikungan tajam.

Selain berhati-hati, cara paling efektif ketika berada di situasi ini adalah dengan memperlambat laju kendaraan. Cara ini untuk memastikan keamanan pengemudi hingga seluruh penumpang yang berada di dalam mobil terhindar dari tabrakan.

Tak hanya itu, jangan lupa juga untuk menyalakan lampu sein ketika akan berbelok ya.

5. Tips saat mengendarai mobil manual

Terakhi, cara mengemudi untuk pemula yang berlatih atau akan menggunakan mobil manual. Tips ini berkaitan dengan perpindahan posisi gigi.

Tidak hanya asal mengganti gigi atau dilakukan secara bertahap secara urutan, namun pengemudi wajib memperhatikan putaran mesin alias RPM.

Hal penting yang wajib dilakukan adalah dengan menaikkan posisi gigi ketika berada pada putaran mesin sebesar 3.000-3.500RPM. Jangan lupa untuk mengganti gigi ke posisi yang rendah ketika akan mengerem dan memperlambat kendaraan.

Baca juga: Agar Terus Terawat, Seperti Ini Cara Mengendarai Mobil Matik yang Baik

Baca juga: 3 Kebiasaan yang Bikin Kampas Rem Mobil Matic Aus

Carsworld menyediakan layanan pemesanan servis mobil secara online yang bisa dilakukan melalui aplikasi. Melalui layanan digital, Carsworld menawarkan beragam paket servis untuk kebutuhan dan perawatan mobil. Unduh aplikasi Carsworld yang saat ini tersedia gratis bagi pengguna Android dan iOS.

Artikel Rekomendasi

Baca juga