fbpx
Seperti Ini Ciri-ciri Engine Mounting Mobil yang Rusak
Article 01

Mungkin tidak banyak yang begitu mengenali komponen yang satu ini. Engine Mounting, fungsinya menghubungkan mesin pada sasis mobil. Lalu, bagaimana jadinya jika Engine Mounting mobil rusak?

Jika Engine mounting mobil rusak, maka perannya sebagai perantara mesin dan sasis pasti tidak berjalan maksimal. Apalagi, komponen yang satu ini punya fungsi lain yaitu meredam getaran mesin. Alhasil, kenyamanan berkendara akan benar-benar terngaggu.

Hal yang paling sering terjadi adalah kendala-kendala ini kerap dikaitkan dengan komponen lain dan bukannya Engine Mounting. Wajar saja, bagian ini memang terhubung dengan mesin, kaki-kaki hingga transmisi.

Lalu, apa yang menyebabkan Engine Mounting mobil rusak? Berikut gejala atau pertanda gangguan pada komponen mobil yang satu ini.

Baca juga: Kaki-kaki Mobil Berisik? Cek Bagian Komponen Mobil Ini Terlebih Dahulu

Baca juga: 4 Cara Merawat Kaki-kaki Mobil yang Bisa Menghemat Biaya Servis

1. Hentakan pada Mesin

Engine mount for stabilization seen from below the engine.

Kerusakan pada Engine mounting yang pertama akan terasa ketika munculnya hentakan pada mesin. Terutama, ketika pengemudi akan melakukan perpindahan gigi dan berakseelrasi.

Hal ini terjadi karena posisi mesin yang tidak pas, sehingga perpaduannya dengan Engine Mounting keluar dari posisi sejajar dan perputaran komponen mobil.

Jika, kamu mengalami hentakan pada mesin, mungkin salah satu penyebabnya adalah karena Engine Mounting. Jangan lupa untuk segera membawa mobil ini ke bengkel terdekat untuk mendapatkan perbaikan.

2. Mesin bergetar dengan tidak wajar


Hati-hati menyimpulkan kenapa mesin mobil menjadi bergetar. Apalagi, ketika dalam situasi normal, getaran mesin hanya bertambah ketika RPM mobil dinaikkan. Namun, jika RPM mobil masih biasa-biasa saja, dan mesin ikut bergetar, maka sangat memungkinkan Engine Mounting mobil mengalami kerusakan.

Apalagi, jika pedal gas ditekan secara dalam, dan getaran mesin semakin kuat, maka ada masalah serius pada Engine Mounting. Selain mengecek bagian mesin, jangan lupa juga untuk mengecek bagian Engine Mounting.

3. Suara yang mengganggu dari Mesin

Gejala lain yang menjadi pertanda bahwa Engine Mounting mobil rusak adalah ruang mesin mengeluarkan suara yang menganggu. Hal ini biasanya terjadi ketika mobil melewati jalanan yang bergelombang.

Suara ini terjadi karena benturan body mesin dengan komponen lain yang dikarenakan posisi Engine Mounting yang tidak tepat. Oleh karena itu, sangat penting untuk segera memeriksakan bagian ini ke bengkel mobil terdekat untuk memastikan posisi Engine Mounting pada dan tidak menganggu yang menimbulkan gesekan atara mesin dan body mobil.

Mesin adalah bagian terpenting dari mobil, sehingga jika mendapati gejala-gejala seperti penjelasan di atas pada mobil sobat, maka jangan tunda untuk ke bengkel, agar diperiksa oleh ahlinya secara cepat dan tepat.

Baca juga: 6 Urutan dan Cara Jitu Membersihkan Mesin Mobil Matik

Baca juga: 4 Langkah Merawat Mesin Mobil Agar Tetap Prima

Carsworld menyediakan layanan pemesanan servis mobil secara online yang bisa dilakukan melalui aplikasi. Melalui layanan digital, Carsworld menawarkan beragam paket servis untuk kebutuhan dan perawatan mobil. Unduh aplikasi Carsworld yang saat ini tersedia gratis bagi pengguna Android dan iOS.

Artikel Rekomendasi

Baca juga