fbpx
Serba-serbi Aki Mobil dan Cara Serta Tips Perawatannya
Article 01

Tak hanya tentang umurnya yang cukup panjang, namun aki mobil lebih dari itu, Apalagi, masih banyak pemilik mobil yang masih bertanya-tanya atau ragu-ragu, apakah sebaiknya memilih aki mobil basah atau aki kering. Kali ini Carsworld akan berbagi cerita tentang serba-serbi aki plus, tips perawatan aki mobil.

Baca juga: 4 Cara Mencegah dan Solusi Agar Aki Mobil Tidak Mudah Soak

Baca juga: Hati-hati Menjaga Aki Mobil, Seperti Ini Cara Merawatnya Supaya Awet

Jenis aki mobil

Hal pertama yang selalu tersirat di pikiran adalah aki mobil akan hanya selalu terbagi dua, yaitu aki kering dan aki basah. Benar, namun masih ada jenis aki mobil lainnya.

Pilihan yang tepat untuk mobil kamu? Berikut gambarannya.

Gel cell & AGM

Aki standar yang selama ini dikenal selalu memiliki usia kurang lebih dua tahun. Namun, faktanya, ada jenis aki lainnya yang punya umur panjang, bahkan hingga lima tahun.

Sebutannya dikenal dengan Gel Cell (Sel Gel) dan Absorbent Glass Mat (AGM). Selain usianya yang lebih panjang, jenis performa aki ini pun dikenal lebih baik. Kualitasnya tetap terjaga, dan cenderung punya harga yang mahal.

Namun, sebagai jangka panjang, tentunya tak salah memilih aki mobil yang ini. Hal penting lain yang perlu diingat adalah sesuaikan jenis mobil kamu dengan jenis akinya. kualitasnya tidak mudah turun, dan tahan lebih baik saat disimpan. Sebagai catatan, semua kelebihannya tidak datang dengan cuma-cuma karena harga kedua aki ini dua kali lipat dari aki wet cell biasanya.

Baca juga: 4 Pertanda Aki Mobil Bermasalah dan Harus Diganti

Tips Merawat Aki Mobil

Apa pun jenis aki mobil yang kamu punya, pastikan untuk dibiasakan merawatnya. Lalu, bagaimana cara perawatan aki mobil yang tepat. Beberapa hal sederhana berikut ini bisa kamu terapkan.

Tempatkan kendaraan dalam kondisi sejuk

Dominasi iklim dengan cuaca panas bisa memberikan efek tersendiri pada aki mobil. Udara yang terlalu panas dapat membuat aki pun terkuras, khususnya airnya yang mengalami rekasi kimia.

Oleh karena itu, jika memang sedang berkendara dan parkir dalam waktu yang lama, pilihlah tempat yang sejuk, agar reaksi kimia yang dikeluarkan aki tidak terlalu berlebihan.

Mencabut aki

Mencabut aki dari posisinya dibenarkan. Asalkan, hal ini dilakukan ketika kamu tidak menggunakan mobil dalam jangka waktu yang lama. Misalnya, meninggalkan mobil untuk pergi berlibur.

Caranya cukup mudah, yaitu dengan mencabut terminat negatif pada aki mobil.

Ganti aki di bengkel

Tips perawatan aki mobil berikutnya adalah ketika proses pergantian. Jangan pernah menggunakan aki mobil rekondisi. Hal ini tentunya sudah pasti tidak akan memberikan kenyamanan pada mobil. Meskipun tergolong murah, namun risiko di kemudian hari akan membuat biaya perawatan mobil menjadi mahal.

Baca juga: 5 Tips dan Cara Merawat Aki Basah Mobil Agar Berfungsi Baikl

Baca juga: 4 Pertanda Aki Mobil Bermasalah dan Harus Diganti

Carsworld menyediakan layanan pemesanan servis mobil secara online yang bisa dilakukan melalui aplikasi. Melalui layanan digital, Carsworld menawarkan beragam paket servis untuk kebutuhan dan perawatan mobil. Unduh aplikasi Carsworld yang saat ini tersedia gratis bagi pengguna Android dan iOS.

Artikel Rekomendasi

Baca juga