fbpx
Suara Rem Mobil Berdecit, Cek Penyebabnya Berikut Ini
Article 01

Banyak pemilik mobil yang tidak sadar dan membiarkan begitu saat rem mobil berdecit. Suaranya jelas menganggu, namun, akibat dari rem berdecit pun bisa berbahaya.

Bahaya yang paling merugikan tentu saja adalah fungsi rem yang memang tidak lagi sempurna. Namun, permasalahan seperti ini sebenarnya bisa diatasi lebih mudah.

Bahkan, tak perlau memakan biaya yang mahal untuk perawatan. Lalu, apa sebenarnya yang menyebabkan suara rem mobil berdecit?

Baca juga: 5 Pertanda Jika Rem Mobil Bekas Mengalami Kerusakan

1. Kondisi cakram

suara-rem-mobil-berdecit-cek-penyebabnya-berikut-ini

Cakram adalah hal yang paling penting dalam mobil. Jika ini bermasalah, fungsin efek buruk pada pengereman mobil. Lalu, bagaimana jadinya jika kondisi cakram memang benar-benar memengaruhi suara rem hingga berdecit?

Permasalahan ini terjadi karena adanya residu oli yang menempel di bagian cakra. Kotoran ini menjadi penyumbat bagi rem dan tidak membuat kondisinya tidak pakem lagi.

Jika terus dibiatrkan, bisa-bisa cakram akan berubah bentuk dan tak lagi bekerja sesuai fungsnya pada mobil.

2. Tromol yang kotor

suara-rem-mobil-berdecit-cek-penyebabnya-berikut-ini

Selain cakram yang ketumpahan residu oli, pengaruh tromol yang sudah kotor pun akan membuat suara rem mobil berdecit. Hal ini terjadi akibat campuran tromol yang kotor karena debu dan cakram yang ketumpahan residu oli saling bergesekan.

Tromol yang kotor pun bisa memicu suhu cakram menjadi lebih tinggi sehingga membuat bentuknya bisa jadi melenting.

Cara mengatasi suara rem mobil berdecit

suara-rem-mobil-berdecit-cek-penyebabnya-berikut-ini

Karena penyebabnya bertumpuknya, kotoran pada cakram dan tromol, maka hal penting yang harus dilakukan adalah dengan membersihkannya.

Membutuhkan tenaga dan waktu yang lebih memang, karena komponen yang satu ini berada dekat di bagian bawah mobil. Oleh karena itu, cara pertama yang bisa dilakukan adalah dengan membongkar bagian roda mobil, dan kemudian gunakan kain bersih serta cairan pembersih rem untuk mengelap bagian cakram.

Sementara itu, untuk bagian tromol, pemilik mobil bisa membuka bagian depan trom dengan menggunaakan palu secara hati-hati. Setelah lepas, lanjutkan dengan menyemprotkan brake cleaner pada bagian tromol untuk membersihkannya secara maksimal.

Jika ragu untuk melakukannya sendiri, segera bawa mobil ke bengkel terdekat untuk memastikan bagian rem mobil tidak mengangu kenyamanan dan keamanan berkendara.

Baca juga: Cara Mendeteksi Penyebab Rem Mobil Macet dan Solusinya

Baca juga: 5 Penyebab Rem Mobil Blong Ini yang Harus diwaspadai

Carsworld menyediakan layanan pemesanan servis mobil secara online yang bisa dilakukan melalui aplikasi. Melalui layanan digital, Carsworld menawarkan beragam paket servis untuk kebutuhan dan perawatan mobil. Unduh aplikasi Carsworld yang saat ini tersedia gratis bagi pengguna Android dan iOS.

Artikel Rekomendasi

Baca juga