fbpx
Tips Berkendara dan Mengendalikan Mobil yang Aman di Musim Hujan
Article 01

Musim penghujan selalu jadi langganan, dan berkendara pun menjadi sebuah tantangan. Tak jarang, pemilik mobil terkadang harus melakukan beberapa hal khusus untuk memacu kendaraannya di musim hujan. Untuk itu, diperlukan beberapa tips berkendara di musim hujan.

Tidak rumit, namun pemilik mobil hanya perlu memerhatikan beberapa hal khusus seperti hembusan angin dan kondisi jalanan yang akan dilalui. Lalu, seperti apa persiapan yang sebaiknya dilakukan? Berikut beberapa diantaranya.

Baca juga: 5 Komponen Penting Mobil Ini Wajib dicek Menjelang Musim Hujan

Baca juga: 5 Tips Mengemudi di Malam Hari Bagi Untuk Perjalanan Panjang

1. Cek lampu kendaraan

Hal penting sebelum memulai berkendara di musim penghujan adalah dengan memerhatikan kondisi lampu mobil mobil.

Mulai dari lampu utama, lampu kabut, lampu sein, hingga kondisi bohlam. Hal ini sangat penting, mengingat, lampu mobil akan berperan penting untuk menerangi jalan yang sudah terbenam dengan air hujan.

Selain itu, faktor keamanan dan kenyamanan pun menjadi salah satu bagianpenting dari kehadiran lampu mobil. Kehadiran lampu mobil yang baik bisa menjadi tanda keberadaan kita bagi kendaraan lain.

2. Kondisi ban

Selain lampu, hal dasar lain yang patut menjadi perhatian saat berkendara di musim hujan adalah kondisi ban. Sebagai pemilik mobil, kamu harus emmastikan tekanan ban sudah sesuai standar atau belum.

Cek pula, kondisi alur ban kendaraan. Hal ini penting untuk mengurangi risiko terjadinya tergelincir ketika berkendara saat musim hujan.

3. Perhitungkan kecepatan


Satu hal wajib yang harus dipertimbangkan adalah bagaimana cara kamu memacu mobil. Setangguh apa pun atau sehebat apa pun fitur yang disediakan oleh mobil, namun ketika ingin memacu mobil dengan kecepatan tinggi saat musim hujan adalah kesalahan besar.

Apalagi, di saat hujan disertai angin kencang justru dapat membuat mobil yang melaju dengan kecepatan tinggi akan mudah melayang. Oleh karena itu, sangat penting untuk menjaga keseimbangan melalui kecepatan kendaraan dengan baik.

Tidak membawa mobil secara ugal-ugalan dan menurunkan kecepatan adalah hal yang mutlak ketika mengemudi saat hujan.

4. Mengatur jarak kendaraan

Tips berkendara di musim hujan berikutnya adalah jangan pernah lalai dalam mengatu jarak kendaraan, baik depan-belakang serta samping kiri dan kanan.

Hal ini bertujuan agar selalu ada ruang yang besar untuk memacu kendaraan. Selain itu, faktor lampu mobil juga memberikan efek bagaimana kamu bisa mengatur kendaraan, terutama ketika hujan deras.

5. Hindari menerobos genangan air

Terobos genangan air atau banjir adalah hal yang terlihat lazim dilakukan dalam beberapa musim hujan. Namun, hal ini sepenuhnya sangat salah. Jika nekat menerobos genangan air atau banjir, maka air bisa masuk ke dalam mesin, bahkan paling sederhana adalah merusak komponen kaki-kaki mobil.

Lebih buruknya lagi, mesin mobil akan mati atau dikenal juge dengan water hammer. Jadi, jangan pernah menerobos kondisi jalanan yang sedang banjir ketika kamu mengendarai mobil.

Baca juga: Jangan Anggap Enteng, Ini Cara Bersihkan Wiper Mobil Selama di Rumah

Carsworld menyediakan layanan pemesanan servis mobil secara online yang bisa dilakukan melalui aplikasi. Melalui layanan digital, Carsworld menawarkan beragam paket servis untuk kebutuhan dan perawatan mobil. Unduh aplikasi Carsworld yang saat ini tersedia gratis bagi pengguna Android dan iOS.

Artikel Rekomendasi

Baca juga