fbpx
Tips dan Trik Mengendalikan Mobil Saat Cuaca Hujan dan Banjir

Satu hal yang tak bisa terlekkan lagi ketika musim penghujan tiba adalah genangan air yang muncul serta bajir akan selalu menjadi momok yang membuat getir pemilik mobil. Dibutukan beberapa tips mengendalikan mobil saat banjir yang efektif. agar mobil kemudian menjadi tidak rusak.

Lalu, hal-hal seperti apa yang harus dilihat dan diperhatikan ketika mobil harus melewati hadangan banjir? Berikut beberapa tips yang tepat berkendara di kala musim hujan plus harus melewati genangan banjir.

1. Ketinggian air

Hal penting yang harus dihadapi pertama kali adalah memeriksa ketinggian air. Jika sudah melewati batas, dan sekiranya akan merendam mobil, pastikan untuk tidak pernah melewati ketinggian air tersebut.

Jika terus dipaksakan, bisa hampir pasti mobil kamu bakalan mengalami rusak berat. Beruntung mungkin yang mendapatkan asuransi. Namun, jika tetap nekat, ada harga yang memang harus dibayar mahal untuk sebuah mobil.

Mulai dari mesin, kaki-kaki hingga komponen-komponen mobil lainnya akan mengalami kerusakan parah.

2. Tetap jaga jarak

Jika dirasa masih bisa dilewati, dan kamu ingin melewati jalanan tersebut, pastikan untuk menjaga jarak ketika mobil harus melewati banjir atau genangan yang terjadi akibat hujan deras.

Pastikan mobil yang kamu kendarai punya jarak yang cukup dengan mobil di depan. Cara ini pertama memastikan agar tidak terjadinya kecelakaan. Kedua, cara ini bisa dilakukan agar bisa keluar dari situasi ketika tiba-tiba mobil yang berada di depan mogok.

Lakukan kebiasaan sehari-hari, ada atau tidak adanya hujan, yaitu tetap menjaga jarak dengan mobil yang ada di depan atau bahkan samping dan di belakang.

3. Faktor putaran mesin

Putaran mesin pun harus diperhatikan ketika berada di jalanan yang penuh dengan air atau banjir. Ketika mobil sedang berada di aera banjir dan mobil berada dalam putaran atau RPM tinggi akan membuat daya hisap udara dari mesin akan menjadi besar.

Jika dipaksakan akan membuat mobil bergejala water hammer dan bisa-bisa akan mogok di tengah banjir. Tentunya, tidak akan ada yang menyukai situasi ini.

4. Hindari menekan kopling

Car Pedals. Modern Car Clutch, Gas and Brake Pedals Closeup.

Nah, kalau yang ini khusus untuk mobil dengan transmisi manual. Pastikan untuk tidak menekan kopling ketika melewati banjir.

Terlalu sering menggunakan atau menaha kopling akan memperbesar risiko terbakarnya komponen mobil yang satu ini. Karena cara ini adapat menaikkan putaran mesin mobil.

Sementara itu, bagi yang punya mobil matik, pastikan menggunakan tuas transmisi ke posisi L atau 1. Jangan sekali-kali memindahkan transmisi mobil matic ketika terjebak saat banjir. Cara ini bertujuan agar kecepatan mobil bisa terjaga serta putaran mesin tetap bertahan.

Cara merawat mobil setelah banjir

Meskipun kamu sudah melakukan beberapa hal diatas, tidak ada jaminan mobil akan baik-baik saja. Beberapa cara berikut ini wajib dilakukan, terutama setelah mobil melewati daerah yang banjir.

-Bersihkan rem mobil

Setelah melewati daerah banjir, pastinya piringan rem mobil akan basah. Oleh karena itu, keringkan rem dengan cara menginjak pedal rem sedikit diiringi pedal gas bersamaan.

Selain itu, bersihkan sisa-sisa kotoran yang mungkin saja menempel pada bagian piringan rem agar fungsinya kembali normal dan rem menjadi tidak macet ketika akan digunakan kembali.

-Cek tumpahan oli

Bagian lain yang wajib diperiksa adalah fluida di mesin dan transmisi. Banjir atau genangan air pastinya akan menyentuh bagian mesin dan girboks. Bagian-bagian ini bisa saja tercampur dan membuat oli tercampur atau mungkin akan muncu tetesan oli.

Pastikan warna oli, tetap normal seperti biasanya. Jika sudah berganti warna, pastikan untuk segera menggantinya dengan yang baru. Mudahkan, melakukan tips mengendalikan mobil saat banjir sendiri?

Baca juga: Tips Merawat Ban Mobil Menjelang Tibanya Musim Hujan

Baca juga: 5 Komponen Penting Mobil Ini Wajib dicek Menjelang Musim Hujan

Carsworld menyediakan layanan pemesanan bengkel mobil terdekat secara online yang bisa dilakukan melalui aplikasi. Melalui layanan digital, Carsworld menawarkan beragam paket servis untuk kebutuhan dan perawatan mobil. Unduh aplikasi Carsworld yang saat ini tersedia gratis bagi pengguna Android dan iOS.

Artikel Rekomendasi

Baca juga