fbpx
Tips Ini Wajib Kamu Lakukan Saat Test Drive Mobil Bekas

Salah satu hal penting yang dilakukan ketika membeli mobil baru adalah melakukan Test Drive. Hal yang sama juga berlaku ketika kamu akan membeli mobil bekas. Butuh tips tersendiri untuk melakukannya. Apalagi, beberapa faktor seperti kepercayaan dan lokasi, harga hingga faktor-faktor lainnya. Pada faktanya, Test Drive pada mobil bekas pun diperlukan untuk melihat fungsi untuk mobil itu sendiri. Lalu, apa saja tips Test Drive mobil bekas?

Baca juga: 9 Cara Merawat Mobil Bekas Agar Selalu Dalam Kondisi Prima

1. Performa mesin

Meskipun mobil bekas yang akan kamu beli terlihat baik-baik saja, namun diperlukan cara untuk mengujinya lebih dalam lagi. Kondisi mobil yang terjaga, dan anggapan performa mesin mobil bekas tersebut pasti dalam kondisi yang baik juga harus diuji terlebih dahulu.

Selain melihat bagaimana bentuk fisik mesin, pastikan juga mendengarkan secara detil dan teliti suara yang dikeluarkan mesin. Baik ketika dipacu dengan kecepatan tinggi atau pun kecepatan sedang. Jika mengeluarkan suara yang tidak nyaman, atau bahkan berujung pada bahan bakar, pastikan kondisi mobil memang benar-benar sedang tidak bermasalah.

2. Cek konsumsi BBM

Hal berikutnya yang harus diuji adalah proses kerja bahan bakar. Ketika sedang Test Drive, kamu bisa melihat bagaimana konsumsi bahan bakar bekerja melalui indikator yang terdapat di bagian dashboard.

Mengujinya dalam kecepatan tinggi hingga sedang dan kemudian menghitung ulang perkiraan konsumsi bahan bakar yang akan dihabiskan dengan mobil bekas yang akan dibeli.

Cara ini memastikan bahwa ketika mobil sudah dibeli nantinya, pengeluaran untuk bahan bakar pun bisa dipertimbangkan dengan baik.

3. Cek komponen dan fitur lain

Komponen dan fitur mobil memang berbeda-beda satu sama lain. Namun, ketika akan membeli mobil bekas, pastikan semua komponen mobil memang benar-benar bekerja. Hal pertama yang bisa kamu lihat adalah riwayat servis yang sudah dilakukan oleh mobil sebelumnya.

Sementara itu, untuk fitur pastikan juga benar-benar berfunsi dengan baik. Mulai dari head unit, sistem audio, fungsi kelistrikan mobil, hingga sistem keamanan yang terdapat di dalam mobil.

4. Cek kaki-kaki mobil

Faktor berikutnya yang wajib diperhatikan adalah masalah kaki-kaki mobil. Hal ini biasanya akan teruji ketika kamu sudah melakukan Test Drive di berbagai kondisi jalanan.

Jika kaki-kaki mobil memang berfungsi sesuai tugasnya, maka bisa dipastikan mobil tersebut layak untuk dimiliki. Jika tidak, pertimbangkan kembali atau negoisasikan kembali dengan pemilik mobil atau pihak penjual mobil bekas untuk memastikan bahwa komponen kaki-kaki mobil tersebut memang benar-benar tidak bermasalah.

5. Jangan terbuai eksterior mobil


Tips Test Drive mobil bekas terakhir dan jadi salah satu hal wajib adalah memeriksa bagian interios. Jangan hanya terpesona dnegan bagian eksterior mobil yang memang terlihat mulus.

Pengujian interior mobil bisa dilihat pada perawatan mulai dari jok, panel pintu hingga bagian-bagian karpet mobil. Jika memang terliaht terawat, pemilik sebelumnya pun pastinya memang benar-benar menjaga kenyamanan interior mobilnya.

Baca juga: Tips Membeli Mobil Bekas di Masa “New Normal” 2020

Baca juga: 5 Alasan Harga Mobil Bekas Jadi Turun dan Tak Kunjung Laku Terjual

Carsworld menyediakan layanan pemesanan servis mobil bekas secara online yang bisa dilakukan melalui aplikasi. Melalui layanan digital, Carsworld menawarkan beragam paket servis untuk kebutuhan dan perawatan mobil . Unduh aplikasi Carsworld yang saat ini tersedia gratis bagi pengguna Android.

Artikel Rekomendasi

Baca juga