fbpx
Tips Perawatan Mobil Bertransmisi Manual Memasuki Musim Penghujan
Article 01

Terkadang hujan dan panas, cuaca tak pernah menentu. Namun, perawatan mobil pun harus ditentukan sejak dini. Khusus di musim penghujan, buat kamu pemilik mobil manual wajib melakukan perawatan mobil bertransmisi manual dengan tepat.

Apa saja yang mesti dilakukan?

1. Cek kondisi mesin

Hal pertama yang wajib dilakukan adalah dengan memeriksa selalu kondisi mesin mobil. Hal ini penting, jika hujan deras dan berakibat banjir, sedikit-banyaknya pasti akan berpengaruh pada kondisi mesin mobil.

Jika dibiarkan, tentunya akan bertambah parah. Oleh karena itu, selalu rajin cek kondisi mesin mobil. Jika sudah menurun, beberapa cara seperti Tune up mesin perlu dilakukan.

2. Penggunaan kopling

Satu hal yang membuat mobil manual berbeda adalah dengan kehadiran koplingnya. Hal ini penting untuk terus dijadikan sebagai panduan dalam berkendara mobil manual.

Pengecekan dan penggunaan kopling yang tepat akan membantu pemilik mobil untuk terus menggunakan mobilnya dengan baik. Terutama ketika musim penghujan segera tiba.

Jika memang ada yang harus diperbaiki atau diganti, lakukan sekarang juga di bengkel mobil terdekat.

3. Cek Timing Belt

Car mechanic replacing timing belt at camshaft of modern engine

Faktor berikutnya yang wajib dipertimbangkan saat perawatan mobil manual adalah dengan memeriksa Timing Belt. Ro-roda gigi akan berfungsi menghubungkan antar komponen mobil.

Jika terjadi kesalahan posisi atau Timing Belt tidak berfungsi, tentunya ini akan mengnaggu. Terutama ketika musim hujan, dimana komponen mobil memang benar-benar harus dipastikan untuk bekerja agar berfungsi maksimal.

4. Periksa cairan radiator

Check Car radiator,Check car yourself,Car maintenance,Check water in Car radiator self.

Meskipun musim hujan, bukan berarti suhu mesin mobil pun akan ikut dingin. Suhu mesin mobil bisa saja menjadi panas karena beberapa hal. Untuk mengatasinya dibutuhkan cairan radiator yang optimal agar ini tidak terjadi.

Oleh karena itu, penting untuk selalu mengecek cairan radiator mobil agar perjalanan tidak terganggu, bahkan saat musim penghujan sekalipun.

5. Rajin memanaskan mobil

Pastinya, musim penghujan akan selalu disertai dengan suhu yang juga dingin. Di satu sisi ini mungkin hal yang menyenangkan, namun di sisi lain belum tentu untuk mobil.

Oleh karena itu, tetap penting untuk selalu memanaskan mesin mobil dalam kurun waktu 5 hingga 10 menit. Cara ini untuk memastikan agar mesin mobil tetap terjaga kualitasnya, dan terhindari dari kerusakan saat terjebak hujan atau pun banjir. Sudah siap melakukan perawatan mobil bertransmisi manual menjelang musim hujan nanti?

Baca juga: Ini Caranya Agar Mobil Tidak Tergelincir Saat Melewati Hujan

Baca juga: Tips dan Trik Mengendalikan Mobil Saat Cuaca Hujan dan Banjir

Carsworld menyediakan layanan pemesanan bengkel mobil terdekat secara online yang bisa dilakukan melalui aplikasi. Melalui layanan digital, Carsworld menawarkan beragam paket servis untuk kebutuhan dan perawatan mobil. Unduh aplikasi Carsworld yang saat ini tersedia gratis bagi pengguna Android dan iOS.

Artikel Rekomendasi

Baca juga